Bisnis  

Sebulan Berjalan, Pasar Kreatif Bandung 2023 Tembus Omzet Rp6,7 Miliar

Pasar Kreatif Bandung tahun 2023. (Foto: Pemprov Jabar)

Bandung, tiradar.id – Pasar Kreatif Bandung 2023 masih terus bergulir. Acara yang berlangsung sejak 30 Juni 2023 tersebut saat ini sedang bergulir di 23 Paskal.

Hingga hari Selasa (1/8/2023), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung melaporkan omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 mencapai Rp6,7 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari empat titik Pasar Kreatif yaitu Bandung Indah Plaza, Trans Studio Mall, Cihampelas Walk, dan Paris Van Java.

“Omzet saat ini berada di angka Rp6,7 miliar. Ini belum termasuk di 23 Paskal, karena baru berlangsung 3 hari. Setelah itu, masih ada 2 titik lagi di Kings Shopping Center dan Festival Citylink,” kata Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah.

Pada tahun 2022, Pasar Kreatif Bandung sukses meraup omzet hingga Rp8,62 miliar. Elly berharap, jumlah tersebut dapat dilewati oleh Pasar Kreatif edisi 2023.

Baca Juga:  Bahas Permintaan Pencabutan Ekspor Nikel, Luhur Temui IMF

“Kita masih ada 2 titik lagi, dan ini juga data dari gelaran di 23 Paskal kan belum masuk. Harapannya bisa melampaui capaian tahun lalu tentunya, ya,” ucapnya.

Ia juga menyebut, Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru pelaku UMKM asal Kota Bandung. Wajah-wajah baru ini terpilih berdasarkan kurasi yang ketat.

Meski begitu, ada pula sekitar 15 persen wajah-wajah lama atau pelaku UMKM yang konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar.

Menurut Elly, wajah-wajah lama ini merupakan jenama (brand) UMKM yang sudah stabil, sehingga diharapkan dapat menggandeng pula para pelaku UMKM baru.

“Untuk di titik 23 Paskal ini, saya dengar omzet mereka juga sangat luar biasa. Apalagi di akhir pekan,” ujarnya.

Baca Juga:  Selama Tahun Fiskal 2023, Microsoft Rumahkan Ribuan Karyawannya

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna yang meninjau kegiatan Pasar Kreatif mengapresiasi kegiatan tersebut, Ia mengaku bangga produk UMKM Kota Bandung dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.

“Desain, paduan warna, inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Saya dengar juga di sini ada salah satu produk jam yang telah menjadi suvenir pada acara G20,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh pihak yang menyukseskan Pasar Kreatif 2023, khususnya pihak mal yang sudah memberikan ruang bagi pelaku UMKM Kota Bandung dalam memamerkan serta menjual produknya.

“Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara termasuk pihak mal yang sudah memfasilitasi pelaku UMKM Kota Bandung menjual produknya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pasar Kreatif Bandung adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Disdagin Kota Bandung bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung dengan support dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) dan Bank BJB yang sudah digelar sejak tahun 2020. Tahun ini adalah pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung yang ke-4.

Baca Juga:  Terkait Bisnis Thrifting, Pemkot Cimahi: Kita tak Akan Terburu-buru Menindaklanjuti Aturan Pemerintah Pusat

Pada gelaran tahun ini, Pasar Kreatif Bandung digelar di:
1. Bandung Indah Plaza, 30 Juni – 9 Juli 2023,
2. Trans Studio Mall, 14 – 23 Juli 2023,
3. Cihampelas Walk, 14 – 23 Juli 2023,
4. Paris Van Java, 21 – 30 Juli 2023,
5. 23 Paskal, 28 Juli – 6 Agustus 2023,
6. The Kings Shopping Center, 4 – 13 Agustus 2023,
7. Festival Citylink, 11 – 20 Agustus 2023.(*)