Jakarta, tiradar.id – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat lonjakan jumlah penumpang yang signifikan selama periode angkutan Lebaran 2024. Hingga H+4 Lebaran atau pada Minggu (14/4), BIJB Kertajati telah melayani sebanyak 20.969 penumpang yang melakukan perjalanan udara.
Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Huda, optimis bahwa jumlah penumpang yang dilayani akan melampaui target yang ditetapkan, yakni sekitar 24.000 penumpang selama masa angkutan Lebaran.
“Kami yakin masih bisa mengejar target tersebut sampai Kamis (18/4). Sejak tanggal 3 Maret hingga 14 April 2024, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan sudah mencapai lebih dari 20.000 orang,” kata Nuril di Majalengka, Jawa Barat (Jabar), Senin.
Selama periode arus mudik dan balik, tingkat keterisian atau okupansi pesawat di BIJB Kertajati selalu mencapai di atas 70 persen. Hal ini menunjukkan minat masyarakat untuk terbang dari bandara ini cukup tinggi.
Volume pergerakan pesawat di Bandara Kertajati juga menunjukkan capaian yang positif dengan adanya 151 penerbangan ke berbagai destinasi selama masa angkutan Lebaran. Adapun rute penerbangan yang menjadi favorit penumpang di Bandara Kertajati adalah menuju Denpasar, Kualanamu, dan Balikpapan.
“Denpasar masih menjadi tujuan yang populer dengan sekitar 60 persen penumpang mengarah ke sana, disusul oleh Kualanamu sekitar 23 persen, dan Balikpapan hanya sekitar 17 persen,” jelas Nuril.
Selain itu, layanan penerbangan kargo juga masih tersedia di Bandara Kertajati. Saat ini, angkutan barang melalui bandara ini telah mencapai sebanyak 113.706 kilogram.
Nuril menambahkan bahwa seluruh fasilitas dan sarana di BIJB Kertajati terus dirawat dan ditingkatkan untuk memastikan kenyamanan dan kesan yang baik bagi penumpang.
“Kami selalu melakukan maintenance terhadap seluruh fasilitas agar selalu siap melayani. Selama masa angkutan Lebaran, ada penambahan personel dengan bantuan dari TNI-Polri untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan,” tambahnya.
Dengan capaian positif ini, BIJB Kertajati terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, terutama selama masa angkutan Lebaran.


