Jakarta, tiradar.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pemasaran kembali menggelar ajang penghargaan untuk para mitra resmi co-branding dengan tema “Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023” di Pos Bloc, Jakarta Pusat pada Rabu.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menyatakan harapannya agar setiap entitas yang menggunakan identitas Wonderful Indonesia dapat menjaga dan mempertahankannya dengan baik, sehingga brand equity Wonderful Indonesia tetap konsisten. Ia juga menekankan bahwa kualitas mitra akan dijaga agar sesuai dengan tujuan merek mereka.
Wonderful Indonesia Co-Branding Awards merupakan bentuk apresiasi terhadap kontribusi para mitra co-branding yang telah berkolaborasi dengan Kemenparekraf. Kolaborasi ini dinilai memberikan dampak positif bagi shared brand equity Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo ini dengan benar.
Pada acara tersebut, sebanyak 108 merek terlibat dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia. Merek-merek ini berasal dari berbagai kelompok usaha, termasuk yang terkait langsung dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif maupun tidak.
Para peserta program ini berkomitmen untuk memperkuat program pemasaran Kemenparekraf melalui berbagai aktivitas dengan mengusung merek atau entitas Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023 merupakan gelaran kelima sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018.
Menteri Sandiaga Uno berharap program ini dapat membangkitkan semangat para mitra untuk terus mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menggunakan merek Wonderful Indonesia.
Dalam konsep ‘mutual benefit’, jika industri pariwisata di Indonesia terus berkembang, maka semua pemangku kepentingan yang terlibat akan merasakan manfaatnya. Para pemenang Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023 berhak mendapatkan badge digital yang dapat memberikan nilai tambah untuk mempromosikan merek mereka.
Acara ini mengadakan empat kategori penghargaan, yaitu Most Collaborative Brand, Most Engaging Brand, Most Innovative Brand, dan Rising Star. Beberapa pemenangnya antara lain PT Grab Teknologi Indonesia (Grab), PT Sanghiang Perkasa (Hydrococo), Nutrifood (W’dank), PT Nestlé Indonesia (Kitkat dan Milo), tiket.com, PT Sekar Laut, Tbk (Finna), KAI Wisata, PALA Nusantara (PALA), PT Hatten Bali, Tbk (Hatten Wine), dan ATLAS (Atlas Beach Club).
Penganugerahan Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023 memberikan penghargaan kepada merek-merek yang paling kolaboratif, menarik perhatian, inovatif, dan yang sedang naik daun, sekaligus memberikan dorongan positif bagi perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.


