Ragam  

MRT Jakarta Catat 76.106 Penumpang Selama Libur Idul Fitri 1446 H

Penumpang naik dan turun moda MRT di Stasiun Blok M BCA, Selasa (1/4/2025) atau H+1 Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi. ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Jakarta, tiradar.id – PT MRT Jakarta (Perseroda) melaporkan bahwa sebanyak 76.106 orang menggunakan layanan mereka selama periode libur Idul Fitri 1446 Hijriah, yang berlangsung pada 31 Maret hingga 1 April 2025. Data ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik, khususnya MRT Jakarta, dalam mendukung mobilitas selama masa libur Lebaran.

Lonjakan Penumpang di Hari Idul Fitri dan H+1

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda), Ahmad Pratomo, dalam keterangan resminya di Jakarta pada Rabu, merinci bahwa dari total jumlah tersebut, sebanyak 28.930 orang menggunakan MRT pada hari Idul Fitri, yaitu 31 Maret 2025. Sedangkan pada H+1 Idul Fitri atau 1 April 2025, jumlah pengguna meningkat signifikan menjadi 47.176 orang.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kendaraan Tetap Prima Saat Ditinggal Mudik

“Tren penggunaan MRT Jakarta selama libur Idul Fitri menunjukkan bahwa masyarakat tetap mengandalkan transportasi publik untuk mendukung mobilitasnya,” ujar Ahmad.

Komitmen MRT Jakarta dalam Memberikan Layanan Optimal

Sebagai bagian dari komitmennya, PT MRT Jakarta terus berupaya memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pengguna. Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama libur Idul Fitri tahun ini, yaitu pada 28 Maret hingga 7 April 2025, MRT Jakarta menerapkan pola operasional akhir pekan. Operasional dimulai pada pukul 05.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 WIB dengan interval keberangkatan setiap 10 menit.

Baca Juga:  Jasa Marga Catat 16 Ribu Kendaraan Kekurangan Saldo E-Toll Selama Idul Fitri 1445H

Sebanyak 13 stasiun MRT tetap beroperasi sesuai dengan jam layanan tersebut. Selain itu, PT MRT Jakarta menyiapkan 219 perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta guna memastikan layanan tetap optimal bagi masyarakat.

Pelayanan Optimal bagi Pengguna Baru

Ahmad juga memastikan bahwa layanan MRT Jakarta selama libur Idul Fitri berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Khususnya bagi pengguna baru, PT MRT Jakarta memastikan pengalaman perjalanan mereka tetap nyaman dan mudah. Hal ini menegaskan komitmen MRT Jakarta dalam menyediakan layanan transportasi publik yang efisien dan dapat diandalkan oleh seluruh masyarakat.

Dengan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan selama libur Idul Fitri, MRT Jakarta terus membuktikan perannya sebagai moda transportasi yang menjadi pilihan utama masyarakat ibu kota dalam beraktivitas.