Ragam  

Ada Masalah Pada Airbag, Toyota Recall Avanza, Veloz dan Raize

All New Veloz. ANTARA/HO.

Jakarta, tiradar.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan bahwa mereka akan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap tiga model kendaraan, yaitu Avanza, Veloz, dan Raize yang diproduksi antara Desember 2022 dan Januari 2023. Recall dilakukan karena terdapat masalah pada kantong udara (airbag).

Toyota menyatakan bahwa program recall ini dilakukan sebagai bagian dari upaya dan komitmen mereka untuk menjaga kualitas produk serta keamanan dan keselamatan pelanggan.

Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada hari Selasa, menyebut bahwa recall pada produk tertentu telah dilakukan oleh TAM selama bertahun-tahun sebagai bukti komitmen mereka terhadap keamanan dan keselamatan pelanggan, sejalan dengan prinsip inisiatif global dari Toyota Motor Corp.

Henry menyarankan pemilik kendaraan-kendaraan tersebut untuk menghubungi Toyota atau pergi ke dealer Toyota terdekat untuk melakukan pengecekan pada ECU Airbag kendaraan mereka. Jika diperlukan, komponen ECU Airbag dapat diganti di bengkel resmi Toyota.

Recall pada Veloz, Avanza, dan Raize dengan tahun produksi Desember 2022 hingga Januari 2023 dilakukan karena malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag yang dapat mengakibatkan Airbag tidak berfungsi dengan baik.

Proses pengecekan dan pengerjaan ini secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Pelanggan disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu agar dealer dapat mempersiapkan tempat, teknisi, dan suku cadang yang diperlukan.

Seluruh proses pemeriksaan dan penggantian komponen ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Seluruh jaringan dealer Toyota yang berjumlah 298 bengkel di seluruh wilayah Indonesia terlibat dalam memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen ECU Airbag kendaraan mereka.

Toyota akan memberi informasi tentang recall ECU Airbag pada Veloz, Avanza, dan Raize ini kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti surat resmi yang mulai dikirimkan kepada pelanggan pada tanggal 5 Juni 2023, media massa, dan situs resmi Toyota.

Pelanggan juga dapat menghubungi dealer resmi Toyota terdekat di seluruh wilayah Indonesia atau menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) melalui nomor telepon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc untuk memeriksa nomor rangka kendaraan mereka dan mendapatkan informasi apakah kendaraan mereka terkena program recall Toyota. Jika iya, mereka akan diarahkan untuk mendatangi dealer terdekat dan melakukan perbaikan jika diperlukan. (*)

Berita ini sudah dimuat di ANTARANews.com dengan judul Toyota recall Avanza, Veloz dan Raize karena masalah airbag